Lihat Semua : motion_grafis

Kapan Waktu yang Tepat Minum Air Putih?


Dipublikasikan pada 3 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : M. Ishaq Dwi Putra /   View : 1.951

Indonesiabaik.id - Tahukah kamu? Membiasakan diri untuk mempraktikkan gaya hidup sehat memang tidak mudah. Salah satu cara untuk menjadi sehat adalah dengan minum air putih pada waktu yang tepat, dalam jumlah yang tepat, dan konsisten. Setiap orang pasti sudah mengetahui bahwa setidaknya kita perlu minum air putih sebanyak 8 gelas sehari atau setara dengan 1,5 liter.

Secara umum, wanita memerlukan 2,6 liter (setara 9 gelas) air putih setiap hari dan pria memerlukan sekitar 3,7 liter (setara 13 gelas) setiap hari. Namun, berapapun jumlah air yang harus diminum, pada intinya adalah harus dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

 

Minum air putih pada waktu yang tepat juga harus dilakukan agar dapat memaksimalkan efektivitasnya pada tubuh. Lalu, kapan waktu yang paling tepat untuk minum air putih? Menurut Kementerian Kesehatan, ada 7 waktu yang tepat untuk minum air putih. Pertama, minum satu atau dua gelas di pagi hari setelah bangun tidur dapat membakar metabolisme dan membuang racun dalam tubuh.

 

Kemudian, minum satu gelas sebelum mandi serta satu gelas saat setengah jam sebelum makan dapat menurunkan tekanan darah dalam tubuh, melebarkan pembuluh darah, dan membantu pencernaan untuk bekerja lebih baik. Lalu, minum satu gelas ketika merasa lelah dapat membantu otak bekerja lebih baik.

 

Selain itu, minum lebih banyak sebelum dan setelah berolahraga dapat mencegah kelelahan dan meningkatkan daya otot tubuh. Jangan lupa, minum satu gelas sebelum tidur juga bisa membantu tubuh mengisi kembali cairan yang hilang. Terakhir, minum lebih banyak air putih ketika sakit akan membantu memperbaiki daya tahan tubuh lebih cepat loh! Jadi, mulai hidup sehat dengan minum air putih setiap hari.



Motion Grafis Terkait