Lihat Semua : motion_grafis

[Motion Grafis] Bantuan #Bekerja Bagi Masyarakat Desa


Dipublikasikan pada 6 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Siap Bangun Negara / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 1.230

Indonesiabaik.id - Tahukah kamu bila program #Bekerja (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera) bertujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat di perdesaan? Dengan meningkatnya pendapatan, maka efek dominonya diharapkan juga akan menurunkan angka kemiskinan.

Ya, itu karena program #Bekerja ditargetkan oleh pemerintah akan meningkatkan pendapatan masyarakat di perdesaan dari semula Rp 370.910/kap/bulan pada 2018 menjadi Rp 1,2 sampai 1,5 juta/kap/bulan. Seperti diketahui, untuk mengentaskan kemiskinan di desa, program #Bekerja akan menjangkau 1.000 desa di 100 kabupaten.

Bantuan-bantuan yang diberikan pemerintah melalui program #Bekerja harus dapat menjadi solusi permanen pengentasan kemiskinan dengan menyasar jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Untuk jangka pendek, tanaman sayuran bisa menjadi solusi karena tiga bulan sudah bisa panen. Untuk jangka menengah diberikan ayam dan kambing, karena ayam misalnya sudah bisa bertelur di enam bulan. Sementara untuk jangka panjang tanaman keras seperti manga, salak dan lain-lain.

Setiap rumah tangga miskin akan menerima bantuan 50 ekor ayam, 3 ekor kambing/domba, 5 ekor kelinci beserta kandang dan pakan selama 6 bulan, 2-3 batang bibit mangga/manggis/durian/pisang/pepaya, 2-3 batang bibit kopi/kakao/pala/lada dan 10 batang bibit cabai/bawang merah. Secara khusus, Kementerian Pertanian telah melakukan refocusing anggaran anggaran untuk menyediakan 10 juta ekor ayam. Program Bekerja memanfaatkan pekarangan masyarakat secara intensif untuk pertanian.



Motion Grafis Terkait