Lihat Semua : motion_grafis

[Motion Grafis] Bersinergi Mengurangi Stunting

Dipublikasikan pada 2 years ago / Riset, Siap Bangun Negara / Desain, Ananda Syaifullah

Indonesiabaik.id - Pemerintah saat ini tengah serius menangani masalah stunting di Indonesia. Hal ini diwujudkan dengan program-program yang dilakukan oleh Kementerian/Lembaga (K/L) guna menurunkan angka stunting di Indonesia dengan melakukan Koordinasi, Sinkronasi, dan Pengendalian (KSP) dalam intervensi gizi terintegrasi di 100 Kabupaten/Kota, 1000 Desa prioritas.

Kriteria pemilihan lokasi intervensi gizi terintegrasi ini merupakan komposit dari indikator prevalensi stunting tinggi, jumlah anak balita banyak, tingkat kemiskinan tinggi. Sedangkan untuk kerangka penanganan stunting terbagi menjadi dua yaitu, intervensi gizi spesifik dan intervensi gizi sensitif. Hal ini membutuhkan peran dan kerja sama antara pemerintah pusat dan daerah.

Penanganan stunting membutuhkan sinergi program K/L yang secara regular telah dilaksanakan ialah, sosialisai dan edukasi. Program lainnya ialah penguatan pelayanankesehatan dasar berkualitas; pembangunan infrastruktur air minum dan sanitasi serta lainnya. K/L juga perlu melakukan penguatan dan penajaman terkait penanganan stunting seperti, melaksanakan kegiatan K/L agar dapat menjangkau kelompok yang lebih luas.

Untuk K/L yang memiliki tenaga lapangan seperti pendamping PKH, Penyuluh BKKBN, Pendamping Desa dan lainnya juga harus dapat ikut memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat berkaitan dengan perilaku hidup sehat. Melalui sinergi ini, diharapkan K/L seperti Kemendagri, Kominfo, KPPA, Kementan, BKKBN, Kemendag, Kemenkes, dan Kemendesa untuk dapat berkonsentrasi melaksanakan program-program intervensi penanganan stunting di tahun 2018, untuk mempercepat penanganan stunting.



    Tag :
  • stunting
  • cegah stunting itu penting
  • penurunan stunting
  • kementerian kesehatan
  • kemendesa pdt dan transmigrasi

Motion Grafis Terkait