Lihat Semua : motion_grafis

[Motion Grafis] Danau Batur: Taman Bumi Terintegrasi


Dipublikasikan pada 4 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Siap Bangun Negara / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 921

Indonesiabaik.id - Tahukah kamu saat ini baru ada 127 UNESCO Global Geopark (Taman Bumi UNESCO) yang tersebar di 35 negara. Di Asia Tenggara sendiri, hanya Indonesia, Malaysia, dan Vietnam yang memilikinya. Hebatnya lagi, Indonesia punya dua Taman Bumi UNESCO, sedang Malaysia dan Vietnam cuma satu. Kawasan Danau Batur dan Gunung Batur di Kintamani, Bali, tercatat sebagai UNESCO Global Geopark pertama di Indonesia pada 21 September 2015.

Geopark atau Taman Bumi adalah sebuah kawasan dengan batasan yang sudah ditetapkan oleh UNESCO (Organisasi PBB untuk Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan), yang memiliki kawasan permukaan cukup luas untuk pembangunan ekonomi lokal berkelanjutan. Geopark global harus terdiri atas sejumlah jejak geologi yang memiliki keindahan, kelangkaan, ataupun kepentingan ilmiah khusus. Geopark tidak hanya berhubungan dengan geologi tetapi juga ekologi, arkeologi, serta nilai sejarah ataupun budaya.

Perlu diketahui Danau Batur termasuk jenis danau kaldera aktif yang berada pada ketinggian 1.050 meter di atas permukaan lalu (dpl). Luas permukaan air danau adalah 16,05 km2 dan kedalaman rata-rata 50,8 meter. Sebagai suatu sistem sumberdaya air, perairan Danau Batur mengandung potensi sumberdaya hayati dan non hayati yang belum terdata dan terinventarisasi secara memadai dalam rangka pendayagunaan bagi pengembangan aktivitas pertanian dan perikanan perairan umum.

Pengembangan pertanian dan perikanan Danau Batur mempunyai arti yang strategis dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar danau, pelestarian keanekaragaman hayati danau dan pengembangan pariwisata.



Motion Grafis Terkait