[Motion Grafis] Indonesia Ladang Subur E-Commerce

Siap Bangun Negara, Bontor Paolo

9 months ago

Indonesiabaik.id - Prospek ekonomi digital Indonesia luar biasa dan akan terus mengalami pertumbuhan signifikan ke depannya. Kementerian Perindustrian mengatakan bahwa pelaku industri nasional perlu memanfaatkan perkembangan bisnis dan teknologi dari era ekonomi digital saat ini, seperti yang berbasis pada perdagangan elektronik (e-Commerce), teknologi finansial (Fintech), Internet of Things (IoT), Artificial Intelligence (AI), digitalisasi, dan robotik. Prospek ekonomi digital ini cukup menjanjikan karena Indonesia didukung dengan beragam potensi yang dimiliki ditambah Indonesia dinilai memiliki pasar yang sangat besar.

Ditambahkan oleh data WeAreSocial Digital 2017 Global Overview, memperlihatkan penetrasi mobile broadband di Indonesia sebesar 65%. Bahkan 41% dari seluruh masyarakat Indonesia telah berbelanja secara online pada 2016 di mana 33% menggunakan mobile-commerce. Sedangkan terdapat pertumbuhan 155% secara year on year (yoy) untuk pembeli dengan mobile-commerce.

Untuk itu, pemerintah tengah menyiapkan berbagai program dan kebijakan yang dapat mendukung pelaksanaan ekonomi digital. Misalnya yang terkait pendanaan, perpajakan, perlindungan konsumen, pendidikan dan sumber daya manusia, sistem logistik, infrastruktur komunikasi, keamanan siber, hingga pembentukan manajemen pelaksanaan.

Pembangunan infrastruktur seperti jaringan internet menjadi faktor penting untuk memenangkan persaingan global. Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan meningkatkan investasi di satelit Palapa, salah satunya adalah kebutuhan fiber optik terkait dengan perluasan bandwidth untuk industri kecil dan menengah (IKM).



    Tag :
  • e-commerce
  • wearesocialdigital global overview
  • kementerian perindustrian
  • airlangga hartarto
  • startup
  • asean

Motion Grafis Terkait