Lihat Semua : motion_grafis

[Motion Grafis] Komunikasi Saat Mudik Makin Lancar


Dipublikasikan pada 4 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Siap Bangun Negara / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 631

Indonesiabaik.id - Sebagai pihak yang berwenang mengatur jalannya seluruh hal yang berkaitan dengan telekomunikasi di Negeri ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menyatakan telah memeriksa kesiapan jaringan telekomunikasi jelang arus mudik lebaran 2018 atau Hari Raya Idul Fitri 1439H.

Pemeriksaan ini telah dilakukan oleh Kemenkominfo pada awal Juni 2018 yang mendapat laporan dari operator telekomunikasi di Indonesia setelah mereka melakukan tes kesiapan jaringan yang berlangsung selama April hingga Mei. Tes tersebut telah dilakukan ke berbagai daerah, yaitu di titik keberangkatan seperti terminal, stasiun, bandara, dan pelabuhan laut.

Parameter jaringan yang diuji di antaranya adalah cakupan jaringan dan kualitas sinyal seluler. Untuk layanan telepon dasar adalah tingkat kesuksesan panggilan serta keberlangsungan panggilan dalam satu maupun lintas operator seluler. Untuk layanan pesan singkat adalah tingkat kesuksesan pengiriman pesan dalam satu operator seluler mau pun lintas operator seluler dan untuk layanan mobile internet dari tingkat kesuksesan akses internet serta kualitas layanan internet.

Menurut Kemenkominfo, operator saat ini lebih banyak menyiapkan infrastruktur, terutama untuk jaringan 4G yang volumenya bertambah, serta tambahan mobile BTS. Kemenkominfo berharap pemeriksaan kesiapan jaringan telekomunikasi ini dapat mengantisipasi lonjakan lalu lintas layanan seluler, dan operator dapat menanggulangi serta memberi layanan lebih baik kepada masyarakat.



Motion Grafis Terkait