[Motion Grafis] Makanan Jajajanan Harus Higienis

Abror Fauzi , Ananda Syaifullah

6 months ago


Indonesiabaik.id - Indonesia kaya sekali akan makanan jajanannya. Dimulai dari jajanan tradisional seperti klepon, onde-onde nagasari sampai jajanan yang sudah dimodifikasi seperti seblak dan cilor. Namun tidak jarang jajanan yang enak tersebut kurang diperhatikan kebersihan oleh para penjamah/penjual makanannya.

Dalam Keputusan Menkes No. 942/Menkes/SK/VII/2003 tentang Pedoman Persyaratan Hygiene Sanitasi Makanan Jajanan disebutkan bahwa masyarakat perlu dilindungi dari makanan dan minuman yang tidak memenuhi persyaratan kesehatan agar tidak membahayakan kesehatannya.

Untuk itu, sebaiknya para penjamah makanan dalam melakukan kegiatan penanganan makanan jajanan baiknya harus memenuhi persyaratan seperti berikut: tidak menderita penyakit mudah menular (batuk, flu, diare), menutup luka pada luka terbuka, menjaga kebersihan (tangan, kuku, rambut), memakai celemek, tidak merokok atau batuk saat di hadapan makanan.

Tidak hanya itu saja, untuk menjaga peralatan yang sudah dipakai u ntuk mengolah dan menyajikan jajanan makanan harus dicuci dengan air bersih dan dengan sabun, lalu dikeringkan dengan alat pengering/lap yang bersih, kemudian peralatan makanan yang sudah bersih tersbut disimpan di tempat yang bebas pencemaran.

Bahan makanan juga harus tidak luput dari kebersihan dan kesehatannya. Sebaiknya penjamah makanan jajanan perlu memperhatikan mutu bahan makanannya, sehat dan tidak busuk. Sanitasi dan peralatan makana juga harus higienis, sarana penjamah makanan harus dapat melindungi makanan dari pencemaran.

Pembinaan dan pengawasan makanan jajanan dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten atau kota. Dalam melaksanakan pembinaan dan pengawasan nantinya akan mengikut sertakan instansi terkait, pihak pengusaha, orgnisasi, profesi, Asosiasi, Paguyuban dan atau lembaga swadaya masyarakat.



    Tag :
  • makanan jajanan
  • makanan
  • jajanan
  • jajanan tradisional
  • sanitasi
  • higienis

Motion Grafis Terkait