[Motion Grafis] One Village One Product Agar Produk IKM Mendunia

Arlyta Dwi Anggraini , Tsani Sirojul Munir

one year ago


Indonesiabaik.id - Indonesia mulai menerapkan program One Village One Product (OVOP) tahun 2007 berdasarkan Peraturan Kementerian Perindustrian Nomor 78/M-IND/9/2007. OVOP merupakan pengembangan potensi Industri Kecil dan Menengah (IKM) suatu wilayah untuk menghasilkan satu produk lokal khas, berkelas global dengan memanfaatkan sumber daya disekitarnya.

Program OVOP ditujukan untuk menggali dan mempromosikan produk inovatif dan kreatif lokal dan sumber daya yang bersifat unik khas daerah, bernilai tambah tinggi, dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan, memiliki image dan daya saing yang tinggi. Pengembangan IKM yang berdaya saing tinggi di pasar domestik dan global, dan mencari komoditas potensial di satu sentra yang memanfaatkan potensi lokal.

Gerakan ini menyebutkan One Village One Product, tetapi dalam kenyataannya produk yang dikembangkan tidak dibatasi satu produk. Satu desa bisa mengembangkan dua produk atau lebih. Jenis produk IKM yang telah ditetapkan kriteria produknya sebagai produk OVOP yaitu makanan ringan, minuman sari buah dan sirup buah, kain tenun, kain batik, anyaman, dan gerabah/keramik hias.



    Tag :
  • E-Smart IKM
  • industri
  • startup
  • Indonesia
  • internet
  • digital
  • ekonomi
  • OVOP
  • produk

Motion Grafis Terkait