[Motion Grafis] Peluang Bisnis Produk Hijau bagi Milenial

Abror Fauzi, Ananda Syaifullah

one month ago

Indonesiabaik.id  - Generasi Milenial atau yang biasa juga disebut Generasi Y adalah kelompok generasi yang lahir mulai tahun 1980 hingga 1995. Penanda generasi ini yang paling menonjol adalah sangat beragam, berpendendidikan tinggi dibandingkan generasi sebelumnya dan merupakan pengguna teknologi yang massif.

Satu lagi yang menarik dari generasi ini adalah bahwa banyak penelitian yang menyimpulkan bahwa Milenial merupakan generasi yang paling banyak sadar lingkungan. Hal ini kerap dikaitkan dengan tingkat pendidikan yang lebih tinggi dan beragam permasalahan lingkungan mereka lihat secara langsung.

Di tahun 2006, menurut College Explorer, 33 persen mahasiswa yang mereka survei menyatakan menyukai merek yang ramah lingkungan. Itu artinya bahwa konsumen yang berpendidikan semakin khawatir tentang efek jangka panjang dari produk terhadap kesehatan mereka sendiri, terhadap masyarakat luas, dampak lingkungan produk yang mereka pergunakan.

Melihat hal tersebut, banyak perusahaan yang mulai melirik perubahan tersebut. Dan dipandang sebagai peluang bisnis raksasa. Perhitungan di tahun 2010 menunjunkkan bahwa peluang pemasaran produk hijau (produk daur ulang atau ramah lingkungan) bagi konsumen Milenial hijau diperkirakan membawa peluang bisnis USD 54,3 miliar. Produk hasil daur ulang, bersifat biodegradable, dan efek kesehatan yang positif bersal dari pemanfaatan produk ramah lingkungan menunjukkan hubungan yang paling kuat dengan niat pembelian Milenial.

Namun tidak semua atribut produk hijau menarik hati Milenial. Selain hanya menjual jargon go green, produk hijau dianggap terlalu mahal, sult membedakan antara produk hijau dan non hijau, kurangnya kepercayaan terhadap klaim seputar produk hijau, dan kepercayaan bahwa produk hijau dianggap berkualitas rendah.

Pentingnya strategi komunikasi pemasaran yang baik terhadap generasi Milenial sangatlah diperlukan. Selain itu, kenyamanan, ketersediaan, harga, kualitas, dan kinerja terus menjadi atribut penting ketika mempertimbangkan pembelian produk, termasuk produk yang dinayatakan hijau.



    Tag :
  • produk hijau
  • generasi milenial
  • generasi y
  • ramah lingkungan
  • daur ulang
  • go green
  • lingkungan
  • komunikasi pemasaran

Motion Grafis Terkait