Lihat Semua : motion_grafis

[Motion Grafis] Produksi Ikan Patin Terus Meningkat


Dipublikasikan pada 4 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Siap Bangun Negara / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 536

Indonesiabaik.id - Larangan impor ikan patin masuk ke Indonesia rupanya berdampak positif bagi budidaya dan industri ikan patin nasional. Buktinya, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI merilis data total produksi patin nasional yang mulai mengalami peningkatan pada dua tahun belakangan.

Ya, produksi ikan patin Indonesia masih terus meningkat dan akan terus digenjot tidak hanya lewat KKP tetapi melalui sinergi 25 Kementerian dan Lembaga terkait sesuai amanat dari Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 tahun 2016 tentang Percepatan Pembangunan Industri Perikanan Nasional.

Catatannya, pada 2016 yang dicatat menjadi tahun 2017 produksi patin nasional sebesar 437.111 ton, meningkat 28,91% dari tahun sebelumnya yang hanya 339.069 ton. Pada 2018, KKP menyatakan, target produksi ikan patin akan ditingkatkan hingga 38,31% menjadi 604.587 ton.

Peluang industri patin untuk konsumsi lokal sangat terbuka luas dengan adanya kebijakan larangan impor patin oleh KKP. Pun dengan kabar menurunnya ekspor patin dan dory Vietnam akibat isu negara tersebut menggunakan zat terlarang untuk memutihkan daging ikan. Selain itu, tingginya syarat keamanan pangan yang akan ditatapkan KKP melalui Standar Nasional Indonesia (SNI) menjadi peluang bagi patin lokal untuk menguasai pasar.



Motion Grafis Terkait