[Motion Grafis] Risiko Besar Bencana Banjir di Indonesia

Abror Fauzi, M. Ishaq Dwi Putra

9 months ago

Indonesiabaik.id - Bencana banjir merupakan salah satu bencana alam yang selalu terjadi di Indonesia. Penyebab banjir terjadi karena kondisi alam yang statis seperti geografis, topografis dan alur sungai. Peristiwa alam yang dinamis serta curah hujan yang tinggi membuat permukaan air meluap dan tumpah melewati bibir sungai. Masih banyak hal lain yang memyebabkan banjir seperti pendangkalan sungai maupun aktivitas manusia yang dinamis.

Kerugian yang ditimbulkan akibat banjir terhitung tidak sedikit, baik kerugian yang memakan korban jiwa maupun secara materiil. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada tahun 2016 membuat kajian mengenai risiko dari bencana banjir untuk tiap provinsi di Indonesia, baik itu risiko bencana sedang dan risiko bencana tinggi.

Berdasarkan hasil kajian dari BNPB, jumlah jiwa terpapar risiko bencana banjir tersebar dibeberapa pulau di Indonesia dengan jumlah melebihi 170 juta jiwa dan nilai aset terpapar melebihi Rp 750 triliun. Untuk provinsi yang memiliki risiko bencana banjir tertinggi di Indonesia, Jawa Timur merupakan daerah yang memiliki dampak risiko tersebar. Selain Jawa Timur, provinsi di Indonesia yang memiliki jumlah risiko tertinggi adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara dan Riau.



    Tag :
  • bencana banjir
  • bencana alam
  • banjir
  • indonesia
  • bnpb

Motion Grafis Terkait