[Motion Grafis] Rumah Aman, Mudik Tenang

Siap Bangun Negara, Ananda Syaifullah

14 days ago

Indonesiabaik.id - Saat mudik, rumah dapat menjadi rentan menjadi sasaran kejahatan dan bencana yang tidak diinginkan seperti perampokan dan kebakaran. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya bagi Anda dan keluarga yang ingin mudik ke kampung halaman untuk melakukan beberapa tips berikut.

Pertama adalah mengunci semua pintu dan jendela sebelum meninggalkan rumah. Kemudian bersihkan rumah dan tutup lubang pembuangan untuk menghindari masuknya bau busuk dan serangan serangga. Lalu mencabut aliran gas serta aliran listrik dan perangkat elektronik yang tidak diperlukan untuk menghindari risiko kebakaran.

Bila tidak ingin rumah terkesan kosong, disarankan untuk memasang lampu otomatis (yang hidup pada malam hari dan mati pada siang hari) pada beberapa titik seperti di ruang tamu, salah satu kamar, dan teras. Jika Anda memiliki dana lebih, ada baiknya memasang alarm keamanan dan kamera pengawas (CCTV) untuk menghindari masuknya orang yang berniat jahat. Tips berikutnya adalah mematikan saluran utama PAM dan keran air untuk menghindari terjadinya kebocoran.

Sementara barang-barang dan dokumen berharga sebaiknya disimpan di tempat yang aman guna menghindari adanya kerugian material dan finansial. Bila ingin menitipkan kunci rumah dan hewan peliharaan, titipkan orang yang dipercaya atau ke tempat penitipan hewan. Sedang bagi Anda yang berlangganan koran, beritahukan kepada pihak agen untuk tidak mengirim selama Anda mudik. Terakhir, lapor kepada ketua RT, tetangga terdekat, dan petugas keamanan bahwa rumah ditinggalkan dalam kondisi kosong.



    Tag :
  • mudik 2018
  • tips mudik
  • tips meninggalkan rumah saat mudik
  • jalur mudik

Motion Grafis Terkait