[Motion Grafis] Virus HIV: Kenali Virusnya, Jauhi Penyakitnya

Abror Fauzi, Ananda Syaifullah

3 months ago

Indonesiabaik.id - Human Immunodeficiency Virus atau HIV merupakan virus yang menyerang sel darah putih, virus yang menyebakan manusia kehilangan kekebalan tubuh. Virus tersebut menyerang sel T, dimana sel T berperan dalam sistem kekebalan tubuh ketika ada kuman yang masuk te tubuh. Namun, ketika sel T rusak, maka tubuh tidak akan mampu mengenai kuman, bakteri atau virus yang masuk.

Masih banyak orang yang menganggap bahwa HIV sama dengan dengan AIDS, padahal kedua berbeda. AIDS atau Acquired Immunodeficiency Syndrome adalah kondisi yang timbul karena rusaknya sistem pertahanan tubuh akibat virus HIV.

Menurut laporan dari Kementerian Kesehatan, perekmbangan kasus HIV-AIDS di Indonesia pada Triwulan IV tahun 2017 mencatat, jumlah kumulatif infeksi HIV yang dilaporkan dari tahun 1987 sampai dengan Desember 2017 sebanyak 280.623 orang. Sedangkan jumlah kumulatif AIDS dari tahun 1987 sampai dengan Desember 2017 sebanyak 102.667 orang.

Virus HIV sendiri dapat ditularkan melalui berbagai cara, diantaranya dapat lewat berhubungan seks, baik dari pria ke wanita maupun sesama jenis. Salah satu cara untuk mencegah penularan dengan menggunakan kondom saat berhubungan seks dan tidak berganti-ganti pasangan. Penggunaan jarum suntik bekas maupun secara bergantian. HIV juga dapat ditularkan melalui ibu yang terinfeksi HIV ke bayinya. Dan terakhir memlaui transfusi darah kepada yang sudah terinfeksi HIV.

Saat ini belum ada obat maupun vaksin yang benar-benar dapat mencegah atau menyembuhkan infeksi HIV/AIDS. Salah satu yang dapat dilakukan dengan mengonsumsi obat ARV sesuai dengan resep dokter. Bila ada teman, kerabat atau orang terdekat yang terkena virus HIV lebih baik jangan dijauhi. Dukungan terhadap mereka sangat dibutuhkan. Sebelumnya, lebih baik pelajari lebih dahulu mengenai virus HIV dan AIDS, ajak dia untuk curhat dan berbicara namun jangan dipaksa, biar dilakukan atas keinginan sendiri. Perhatikan juga kebutuhan akan nustrisinya.



    Tag :
  • virus
  • hiv
  • virus hiv
  • aids
  • hiv/aids
  • kementerian kesehatan
  • sel darah putih
  • infeksi

Motion Grafis Terkait