Lihat Semua : motion_grafis

[Motion Grafis] Waspada Longsor di Musim Hujan


Dipublikasikan pada 4 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Abror Fauzi / Desain : M. Ishaq Dwi Putra /   View : 650

Indonesiabaik.id - Indonesia diprediksi masih akan mengalami hujan dengan intensitas tinggi dan menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kondisi tersebut akan terus berlangusng hingga Maret 2018. Dalam laporannya, beberapa wilayah terancam terkena bencana alam seperti banjir, puting beliung dan longsor. Khusus untuk bencana longsor, kemungkinan masih akan terjadi di beberapa wilayah Indonesia.

Potensi longsor terbanyak berada di wilayah Pulau Jawa dan meluas di daerah-daerah yang memiliki topografi pegunungan, perbukitan, dan di lereng-lereng tebing yang di bawahnya banyak permukiman. Dari peta potensi longsor pada Februari 2018, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur adalah daerah yang memiliki potensi paling banyak dari ancaman longsor.

 

Masyarakat diminta untuk waspada. Kenali tanda-tanda bila akan terjadi longsor seperti, retakan tanah, amblesan tanah, keluarnya mata air pada lereng, air sumur dan mata air tiba-tiba keruh, pohon dan tiang listrik miring, tembok bangunan dan pondasi tiba-tiba retak dan lainnya. Periksa adannya retakan tanah di bukit yang merupakan cikal bakal dari mahkota longsor. Saat hujan lebat waspadalah. Jika perlu mengungsi sesaat ke tempat yang lebih aman.



Motion Grafis Terkait