Lihat Semua : motion_grafis

Penyebab Korupsi dari Diri & Keluarga


Dipublikasikan pada 5 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Siap Bangun Negara / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 25.044

Indonesiabaik.id - Ketika perilaku materialistik dan konsumtif masyarakat serta sistem politik yang masih mendewakan materi maka dapat memaksa terjadinya permainan uang dan korupsi. Karena korupsi akan terus berlangsung selama masih terdapat kesalahan tentang cara memandang kekayaan. Semakin banyak orang salah dalam memandang kekayaan, semakin besar pula kemungkinan orang melakukan kesalahan dalam mengakses kekayaan.

 

Sejumlah teori korupsi dari tokoh Dunia Barat seperti Donald R Cressey dengan Fraud Triangle Theory, lalu Willingness and Opportunity to Corrupt, juga Cost-Benefit Model Theory, dan yang Jack Bologne GONE Theory, menyebutkan ada sejumlah faktor internal yang dapat menyebabkan seseorang melakukan tindak pidana korupsi. Apa sajakah itu?

Pertama dari sisi aspek perilaku individu, di mana ada sifat tamak/rakus manusia, lalu moral yang kurang kuat, hingga gaya hidup yang konsumtif.

Sementara dari aspek sosial, perilaku korup dapat terjadi karena dorongan perilaku keluarga yang mengalahkan sifat baik seseorang yang sudah menjadi pribadinya. Sedangkan lingkungan malah memberikan dorongan bukan memberikan hukuman pada orang ketika seseorang menyalahkan kekuasaannya.



Motion Grafis Terkait