Lihat Semua : motion_grafis

Perusahaan Internasional Siap Relokasi Investasi ke Indonesia


Dipublikasikan pada 5 months ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, M. Ishaq Dwi Putra /   View : 345

Indonesiabaik.id   -   Kabar baik datang dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang mengatakan bahwa 7 perusahaan memastikan untuk melakukan relokasi investasi ke Indonesia dari daftar 143 perusahaan yang berencana berinvestasi  ke Indonesia. Tujuh perusahaan tersebut memiliki total investasi mencapai Rp12,2 triliun dan mampu menyerap tenaga kerja hingga 30 ribu orang.

Sementara itu, terdapat 17 perusahaan lainnya berminat untuk melakukan investasi di Indonesia dengan potensi nilai investasi sebesar 37 miliar dolar AS dan penyerapan tenaga kerja mencapai 112.000 orang. Sedangkan untuk 119 perusahaan lainnya masih tahap identifikasi dengan potensi nilai investasi sebanyak 41,3 miliar dolar AS dan mampu menyerap 162.000 tenaga kerja.

Adapun perusahaan-perusahaan tersebut berasal dari berbagai perekonomian, di antaranya 57 perusahaan asal Amerika Serikat, 39 perusahaan asal Taiwan, 25 perusahaan asal Jepang, dan 1 perusahaan asal Hong Kong.

Untuk itu, pemerintah tengah mempersiapkan strategi agar investasi terlaksana dengan baik yakni

  • Menyusun daftar prioritas investasi

  • Mengembangkan koridor di sepanjang pulau Jawa bagian utara

  • Menyusun inisiatif pembangunan superhub sebagai sentra produksi perdagangan teknologi dan keuangan

  • Menyelesaikan pembahasan RUU Cipta Kerja

BKPM terus berupaya meningkatkan investasi, baik dari perusahaan yang sudah beroperasi di Indonesia maupun investor baru. Hal ini belajar dari pengalaman sebelumnya, dimana tidak ada satupun perusahaan asing yang merelokasi investasinya ke Indonesia pada saat terjadi perang dagang antara Amerika Serikat dengan RRT tahun 2019 lalu.



Motion Grafis Terkait