Lihat Semua : motion_grafis

Saring Sebelum Sharing


Dipublikasikan pada 4 months ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Ananda Syaifullah /   View : 1.253

indonesiabaik.id - Nuzulul Qur'an diperingati setiap malam ke-17 pada bulan Ramadhan setiap tahunnya.

Hikmah Nuzulul Quran

Pada Ramadan 2021, malam Nuzulul Quran (malam 17 Ramadhan 1442 H) jatuh pada hari Rabu (28/4/2021) malam Kamis, sesuai kalender Masehi.

Malam Nuzulul Quran di Indonesia diperingati dengan berbagai macam kegiatan seperti tumpengan, pengajian, istighotsah, tahlil, hingga khataman Al-Qur’an.

Namun dari banyaknya rangkaian peringatan hari baik itu, yang terpenting adalah bagaimana kita bisa mengambil hikmah dan mengamalkannya. Sebagai masyarakat yang dikenal sopan santun, haruslah kita menjaga perbuatan dan perkataan baik, memperbanyak doa dan memperbanyak sholat malam, sehingga nantinya kita semua bisa meraih pahala berlimpah.

Berbenah Memperbaiki Diri

Tindakan kita baik di dunia nyata maupun di dunia maya alangkah baiknya sama-sama mengamalkan perbuatan baik. Hal ini karena teknologi digital bergerak begitu cepat. Beragam kemudahan dapat kita rasakan, mulai dari transaksi hingga bersilaturahmi. Media sosial bak dua sisi mata pedang, memberikan manfaat untuk berbuat baik namun punya dampak buruk juga yang terkadang sulit kita hindari.

Sebut saja hoaks sebagai contoh, informasi tak valid yang viral dan hanya menjerumuskan orang. Ada lagi ribuan situs dan informasi hoaks yang terus bermunculan. Belum lagi soal buruknya tata krama di dunia maya masyarakat kita. Berdasarkan riset DCI Microsoft, netizen Indonesia dilaporkan sebagai salah satu negara yang paling tidak sopan di dunia. Ironi ya, sebagai bangsa yang dikenal dengan budaya ketimuran, sopan santun dan akhlak luhurnya.

Seperti Membaca Al Quran

Di balik orang-orang yang memiliki perilaku buruk di sosial media, masih kalah banyak dengan orang Indonesia yang santun menjaga ucapan. Yuk semangat mengingatkan, galakkan literasi digital. Bulan Ramadhan dan peringatan Nuzulul Quran 2021 kita jadikan momentum untuk berbenah dan memperbaiki keadaan.

Sebagai masyarakat yang cerdas, kita harus memperbanyak referensi dan mengkaji, tentang suatu informasi yang akan kita sebar, pastikan dahulu apakah sudah benar. Kata yang paling manjur, saring sebelum sharing. Masih ingat tidak? Sama seperti perintah pertama saat Al Quran diturunkan: “Iqra” Bacalah! (QS Al ‘Alaq: 1).

Lalu sampaikanlah informasi dengan cara cara yang benar, sopan, menghargai dan bertutur kata yang baik. Yuk, perbaiki kualitas diri kita. Perbaiki perkataan dan perbuatan kita. Mari berbicara baik.



Motion Grafis Terkait