Lihat Semua : motion_grafis

Strategi Kementan Sambut Revolusi Industri 4.0


Dipublikasikan pada 3 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 1.228

Indonesiabaik.id - Kementan telah memetakan tantangan dan potensi di sektor pertanian secara nasional dalam menghadapi revolusi Industri 4.0 hingga tahun 2024. Sektor pertanian sebagai salah satu penopang utama kebutuhan pangan dan perekonomian memiliki peranan penting dalam menjaga kestabilan nasional di tengah revolusi industri 4.0.

Lalu, apa saja kebijakan yang diterapkan oleh Kementan? Kebijakan yang sudah berjalan antara lain penguatan aspek pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas. Kemudian, pengembangan bibit dan sarana prasarana berbasis inovasi teknologi, serta penguatan kelembagaan petani.

Yang tidak kalah penting, Kementan juga mendorong berkembangnya industri makanan dan restoran cepat saji, mendorong pasar online yang melayani pengiriman produk pertanian segar, serta smart agriculture yang adaptif terhadap perubahan iklim.

Terakhir, melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) saat ini juga sedang memfokuskan diri pada kebijakan strategis seperti peningkatan produksi dan kualitas produk pertanian, mendorong industri pengolahan hasil pertanian, petani go-digital, serta penguatan kelembagaan petani berbasis korporasi dan kawasaan. Semua ini tentu dibarengi dengan penguatan teknologi di sektor pertanian.



Motion Grafis Terkait