Lihat Semua : motion_grafis

Sudah Dibuka, Ini Ketentuan dan Syarat SNMPTN 2019


Dipublikasikan pada 3 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : M. Ishaq Dwi Putra /   View : 576

Indonesiabaik.id - Tahukah kamu? SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor semester 1 sampai 5. Penerimaan mahasiswa baru harus memenuhi prinsip kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel serta tidak diskriminatif dengan memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan perguruan tinggi.

 

Ternyata, ada beberapa ketentuan dalam SNMPTN 2019 baik secara umum dan khusus. Untuk ketentuan umum, pertama SNMPTN dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik. Kemudian, sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS dengan lengkap dan benar.

 

Selanjutnya, siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul, dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS. Tidak hanya itu, siswa pendaftar yang berhak mengikuti SNMPTN yaitu kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2019 yang memiliki prestasi unggul, memiliki NISN yang terdaftar di PDSS.

Peserta juga harus memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 5 yang telah diisikan oleh sekolah di PDSS atau memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 7 bagi SMK dengan masa belajar empat tahun serta memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN.

Lalu, bagaimana dengan syarat pilihan PTN dan program studi? Nantinya, peserta diwajibkan memilih maksimal dua program studi di satu atau dua PTN, urutan pilihan PTN dan program studi jadi prioritas utama, disarankan tidak lintas jalur, serta daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2019 dapat dilihat pada laman http://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran.



Motion Grafis Terkait