Lihat Semua : videografis

3 Bagian Utama KRI-Nanggala 402 Ditemukan


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Alfin Adrian /   View : 485

indonesiabaik.id - Operasi evakuasi KRI Nanggala 402 menemukan tiga bagian utama kapal selam, namun belum bisa diangkat ke permukaan.

Bantuan Negara Sahabat

Kini, Indonesia dibantu 3 kapal China dalam operasi evakuasi KRI Nanggala-402 yang terdiri dari 2 kapal selam militer, yakni Yongxingdao-863 dan Nantuo 195, serta 1 kapal selam milik Akademi Ilmu Pengetahuan China, Tan Suo-2.

Sebelumnya, saat evakuasi pasca kapal selam dinyatakan hilang, Indonesia telah mendapat bantuan dari banyak negara sahabat, seperti Singapura, Malaysia, Australia, Amerika Serikat, dan India.

Hasil Identifikasi Penemuan

Panglima Komando Armada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto dalam konferensi pers di Pangkalan TNI AL Denpasar, Bali, memaparkan temuan hasil identifikasi yakni tiga bagian dari KRI Nanggala-402 yaitu bow section atau haluan, sail section atau anjungan dan stern section atau buritan sudah ditemukan.

Dari penemuan ini, dapat diketahui berapa jarak sebenarnya antara bagian-bagian satu dengan lainnya. Jarak antara haluan dengan anjungan kurang lebih 107 meter, lalu antara haluan dengan datum di mana perkiraan kapal selam mengalami kedaruratan kurang lebih 47 meter, dan antara stern dan sail section itu kurang lebih 36 meter.

Terus Coba Pengangkatan

Kapal Tan Suo-2 beberapa kali telah mencoba melakukan pengangkatan sail atau anjungan, namun belum berhasil terangkat.

"Hari pertama pengangkatan dipasang sling yang sudah dikaitkan, tapi ternyata putus dan slingnya tidak mampu dengan perkiraan mampu mengangkut 18 ton ternyata putus. Sehingga mengapa mereka (Kapal China) mengalkulasi ulang tidak mungkin kalau beratnya 18 ton jadi dikatakan mungkin lebih dari 20 ton," ujarnya.

Meski begitu, Tan Suo-2 berhasil mengangkat beberapa benda di kedalaman 838 meter, antara lain antena ESM, pelindung kabel torpedo, personal life swim, hidrofon PRS, plat badan luar, C type wrench from, technical hand book, technical manual, dan liferaft.



Videografis Terkait