Lihat Semua : videografis

3 Langkah Menangkal Hoaks


Dipublikasikan pada 19 days ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Nur Halimah Syafira / Desain : Nur Halimah Syafira /   View : 219

Indonesiabaik.id - Suasana kontestasi politik saat ini menjadi celah bagi para penyebar berita hoax dan konten negatif. Nah, untuk mencegahnya, Kementerian Kominfo menjelaskan ada tiga cara. Yaitu, ada Cyber Drone, Cyber Patrol, dan Laporan Masyarakat.

Cara kerja Cyber Drone dan Cyber Patrol adalah dengan membantu menapis dan menemukan konten serta pelaku penyebar konten negatif di media sosial. Penggunaannya sudah pernah dilakukan jelang Pemilu 2019 lalu.

Kini Cyber Drone telah diupgrade dengan teknologi terbaru dan memiliki nama Cyber Drone 9. Cara kerjanya tidak harus melacak konten dari kata-kata saja, tapi juga bisa melalui angka.

Jelang Pemilu 2024, Kementerian Kominfo juga mengupgrade mesin pengais konten negatif atau lebih dikenal dengan AIS. Mesin ini adalah bagian dari Cyber Drone 9. Jadi AIS ini bisa mencari konten sendiri atau menemukan konten ilegal berdasarkan laporan publik dari kanal seperti aduankonten.id.

Kita juga bisa berpartisipasi untuk ngelaporin konten negatif khususnya berkaitan dengan Pemilu 2024 melalui situs aduankonten.id. Selain melalui situs, kita juga bisa langsung membuat aduan melalui pesan whatsapp atau e-mail di nomor dan alamat email aduankonten@mail.kominfo.go.id. Jangan lupa lampirkan link/url, screenshoot, serta alasan dilaporannya.



Videografis Terkait