Lihat Semua : videografis

50% Biodigester Terbangun Lewat Program BIRU


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : M. Ishaq Dwi Putra /   View : 749

indonesiabaik.id - Setelah satu dekade diluncurkan sejak 2009, sebanyak 25.157 unit biodigester telah terbangun melalui program Biogas Rumah atau BIRU.

Program BIRU

BIRU: Biogas Rumah dalah program gas gratis yang dihasilkan dengan mengolah limbah jadi biogas untuk kebutuhan sehari-hari.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebutkan hingga 2021, Program BIRU telah menjangkau lebih dari 119.000 penerima manfaat. Sebanyak 25.157 unit biodigester telah terbangun, angka yang besar telah menyumbang lebih dari 50 persen unit terpasang biodigester di Indonesia. Total hingga 2021 terdapat 47.998 unit biodigester terpasang secara nasional.

Manfaat Besar Program BIRU

Manfaat utama yang diberikan dengan adanya Program BIRU adalah menghemat pengeluaran, salah satunya terciptanya penerangan dan gas gratis disamping menyediakan sumber pangan lokal bagi keluarga.

Dengan moto "Olah Limbah Jadi Berkah", program BIRU telah menerapkan prinsip Ekonomi Sirkular yang menekankan pada (desain) pengolahan sampah, mempertahankan nilai ekonomi selama mungkin, dan memaksimalkan yang dapat terbarukan.

Dengan demikian, sektor biogas diprediksi dapat berkontribusi pada pengurangan limbah dan emisi karbonnya. Data 2019 menunjukkan, adanya BIRU secara kumulatif telah berhasil menurunkan emisi sebesar 370.000 ton CO2e.

Dari sisi pembukaan lapangan pekerjaan, Program BIRU telah membangun kapasitas 1.444 UKM Mitra Konstruksi (Construction Partner Organization) yang terlatih.



Videografis Terkait