Lihat Semua : videografis

Ada Kampung Pasir di Sumenep Madura?


Dipublikasikan pada 10 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Putri Isnur / Desain : Putri Isnur /   View : 1.586

Indonesiabaik.id - Kalo biasanya kita tidur di atas kasur, tapi ada yang beda nih sama warga Sumenep, Madura, Di beberapa Desa di Sumenep, Madura ada warganya yang punya kebiasaan unik, yaitu tidur di atas pasir. Bahkan ada semboyannya lho, yaitu “Ranjang Dipajang, Pasir Digelar” Warga di sana memilih tidur di atas pasir karena percaya banyak manfaat bagi kesehatan.

Di dalam pasir terdapat Alumina Oksida (AL2O3), Kalsium Oksida (CaO), Oksida Besi (Fe2O3), Magnesium Oksida (MgO), dan Timbal (Pb). Sehingga bisa memperlancar peredaran darah, memperbaiki metabolisme tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Berdasarkan pernyataan dari laman Kabupaten Sumenep, ternyata pasir yang dipakai itu bukan pasir biasa, tapi pasir yang diambil dari Pantai Lombang. Beda dari pasir pantai lainnya, tekstur pasir di Pantai Sumenep itu halus, lembut, berwarna coklat dan tidak bau. Sebelum digunakan, mereka ayak pasir itu dulu dengan alat penyaring.



Videografis Terkait