Lihat Semua : videografis

Apa itu Virus Nipah?


Dipublikasikan pada 4 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Putri Isnur / Desain : Irfan Nur Rahman /   View : 457

Indonesiabaik.id - Virus Nipah adalah penyakit emerging zoonotik yang disebabkan oleh virus Nipah yang termasuk ke dalam genus Henipavirus dan famili Paramyxoviridae. Virus ini pertama kali diidentifikasi dari peternak babi di sebuah desa di Sungai Nipah, Malaysia pada tahun 1998-1999.

Menurut Direktur Jenderal Dewan Penelitian Medis India (ICMR), angka orang yang meninggal akibat infeksi virus ini jauh lebih tinggi dari pandemi Covid-19. Penyebaran virus Nipah bisa melalui kontak langsung dengan hewan yang terinfeksi virus Nipah, konsumsi daging mentah dari hewan yang terinfeksi, dan kontak dengan orang yang terinfeksi atau cairannya.

Di Indonesia sendiri, sampai saat ini belum ada laporan konfirmasi kasus penyakit virus Nipah pada manusia. Meskipun belum ada kasusnya, Pemerintah mulai meningkatkan kewaspadaan dengan menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor HK.02.02/C/4002/2023 tentang Kewaspadaan Terhadap Penyakit Virus Nipah.

 

Tetap jaga kebersihan dan kesehatan ya, SohIB!



Videografis Terkait