Lihat Semua : videografis

Aplikasi Siaga Mudik, Sebagai Langkah Antisipasi Penyebaran Virus Corona ke Daerah


Dipublikasikan pada 3 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 1.357

Indonesiabaik.id   -   Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyiapkan aplikasi Siaga Mudik untuk warganya yang terpaksa mudik, meskipun dirinya terus mengimbau sebaiknya warga yang bekerja di zona merah corona agar tahan mudik untuk mencegah penyebaran virus corona.

Apa itu Aplikasi Siaga Mudik?

Merupakan bagian dari Sistem Manajemen Informasi Pendataan Pemudik. Aplikasi ini dibuat dari hasil kerjasama Pemprov Jateng dengan Sekolah Vokasi UGM Yogyakarta dan komunitas WE Indonesia di Jakarta.

Aplikasi ini mengharuskan calon pemudik untuk mengisi data berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kontak/No.Telepon, dan Riwayat Kesehatan. 

Selain bisa melalui aplikasi, dapat juga diakses melalui website siagamudik.jatengprov.go.id. Sistem ini dibuat dengan sesederhana mungkin untuk membantu penelusuran riwayat perjalanan para pemudik.

Nantinya, dari informasi calon pemudik yang direkam melalui aplikasi ini akan digunakan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk menyiapkan infrastruktur di daerah atau tempat untuk melakulan isolasi bagi para perantau. Ini dilakukan agar kedatangan para pemudik ini tidak memicu persebaran COVID-19.

Menurut Ganjar Pranowo, dengan langkah sederhana ini, pemerintah ingin bisa menyiapkan segala sesuatunya agar perantau bisa kumpul bersama keluarga dengan aman dan nyaman.

Selain itu, masyarakat terus diimbau untuk melakulan isolasi selama 14 hari setelah sampai di kampung halaman.



Videografis Terkait