Lihat Semua : videografis

Asesmen Nasional Geser ke September 2021


Dipublikasikan pada 3 months ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Ananda Syaifullah /   View : 422

indonesiabaik.id - Pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) tahun 2021 resmi diundur.

Asesmen Nasional Diundur

Karena sejumlah alasan, target pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) diubah menjadi September - Oktober 2021. Sebelumnya, AN rencananya akan diselenggarakan mulai Maret 2021. Hal ini untuk memastikan agar persiapan logistik, infrastruktur, dan protokol kesehatan lebih optimal. Di samping itu, juga digunakan untuk menyosialisasikan dan berkoordinasi lebih masif dengan pemerintah daerah. 

Asesmen Tetap Dilaksanakan

Pihak Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdikbud) memastikan Asesmen Nasional akan tetap dilaksanakan tahun ini untuk mengetahui learning outcome dan seberapa besar gap loss yang terjadi akibat pandemi COVID-19.

Rencana pelaksanaannya meliputi bulan Maret-April 2021 Kemendikbud untuk tahap rapat koordinasi, sosialisasi, dan pelaksanaan teknis persiapan AN. Selanjutnya pada April-Agustus 2021 akan dilakukan simulasi AN di satuan pendidikan. Lalu pada September-Oktober akan diselenggarakan Asesmen Nasional yang hasilnya akan diumumkan pada Desember 2021.

Asesmen Nasional untuk Evaluasi Pendidikan

AN dirancang untuk memantau dan mengevaluasi sistem pendidikan, serta memperbaiki sistem pendidikan dasar dan menengah. Kemendikbud menegaskan bahwa AN bukan evaluasi individu siswa dan tidak ada konsekuensi untuk siswa.

AN tidak sama dengan ujian nasional (UN), baik dari sisi fungsi maupun substansi. Bahkan, AN bukan untuk menambah beban siswa dan bukan sebagai salah satu syarat dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB).



Videografis Terkait