Lihat Semua : videografis

Dorong Alumni Prakerja jadi Wiraswasta


Dipublikasikan pada 5 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 435

indonesiabaik.id - Pemerintah telah meningkatkan anggaran untuk bantuan pembiayaan kredit usaha rakyat (KUR) bagi alumni program kartu prakerja pada 2022.

Anggaran KUR
Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian telah menyiapkan dana penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) untuk tahun 2022 ditingkatkan menjadi Rp 373,17 triliun, meningkat dari tahun lalu sebesar Rp290 triliun. 
Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Kamis (13/1/2022).

Dorong jadi Wiraswasta
Program kartu prakerja telah berjalan sejak awal masa pandemi virus corona (COVID-19) tahun 2020. 
Program ini tidak semata berfungsi sebagai jaring pengaman sosial bagi masyarakat, melainkan yang lebih penting adalah untuk peningkatan kompetensi kerja.

"Tujuan awalnya, melalui program kartu prakerja, kami mendorong agar mereka menjadi wiraswasta," kata Airlangga, Kamis (13/01/2022).

Selain mendapatkan pelatihan kerja, setiap peserta program kartu prakerja menerima uang toal Rp3.550.000. Lalu ketika para alumni program kartu prakerja sudah mulai membuka usaha, pemerintah mendorongnya dengan pembiayaan usaha mikro, kecil, menengah (UMKM).

Untuk memulai usaha mikro, disediakan pembiayaan antara Rp10 juta hingga 100 juta. Sementara untuk yang menjalankan usaha kecil disediakan antara Rp100 juta sampai 500 juta. Menko Airlangga mendorong alumni kartu prakerja harus berani berhutang untuk modal pengembangan usahanya.



Videografis Terkait