Lihat Semua : videografis

Dorong Dunia Kerja yang Inklusif Bagi Penyandang Disabilitas


Dipublikasikan pada 4 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Alfin Adrian /   View : 245

indonesiabaik.id - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) akan mengangkat isu dunia kerja yang inklusif bagi penyandang disabilitas di Presidensi G20.

 

Dukung Dunia Kerja Penyandang Disabilitas

Presidensi G20 Indonesia berkomitmen untuk bekerja membangun masyarakat yang inklusif, dan mendukung penyandang disabilitas untuk menjalani kehidupan secara mandiri.

Seluruh stakeholder dinilai perlu untuk mengikutsertakan dan memberdayakan penyandang disabilitas dalam pembangunan perekonomian.

 

Hak Penyandang Disabilitas di Dunia Pekerjaan

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, saat ini, ada lebih dari 1 miliar penyandang disabilitas, atau setara dengan 15 persen populasi dunia, yang dalam kesehariannya hidup dengan tantangan dan keterbatasan.

Selain itu, diketahui juga bahwa 80 persen penyandang disabilitas berada di rentang usia 18 sampai 64 tahun. Prevalensi kelompok itu di usia produktif lebih tinggi di negara berkembang.

Di bidang ketenagakerjaan sendiri, penyandang disabilitas lebih sulit mendapatkan pekerjaan, lebih beresiko mengalami kehilangan pekerjaan, dan memiliki lebih banyak tantangan untuk kembali bekerja setelah pemulihan ekonomi di masa pandemi.



Videografis Terkait