Lihat Semua : videografis

Dua Kapal Perang Baru TNI AL


Dipublikasikan pada 7 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Alfin Adrian /   View : 500

indonesiabaik.id - TNI AL kembali menambah kekuatan alutsista dua kapal angkut tank yang diproduksi oleh industri pertahanan dalam negeri, PT Bandar Abadi.

Kelebihan Dua Kapal Baru

Kedua kapal itu ialah KRI Teluk Weda-526 dan KRI Teluk Wondama-527. Merupakan kapal berjenis Landing Ship Tank yang mampu berlayar hingga 20 hari dengan kapasitasnya menampung 367 prajurit dan 111 anak buah kapal, ditambah 15 unit tank dan 1 helikopter.

Dengan panjang keseluruhan 117 meter, lebar 16,4 meter, dan tinggi 7,8 meter dan bobot 5000 ton, kedua kapal itu memiliki kecepatan maksimum mencapai 16 knot.

Arti Nama Kapal

Penamaan KRI Teluk Weda-526 diambil dari nama sebuah Teluk yang terletak di Halmahera Tengah, Maluku Utara, yang terkenal akan keindahan taman bawah lautnya.

Sementara nama KRI Teluk Wondama-527, diambil dari nama Teluk di Papua yang dianggap surga terapung di sebelah Raja Ampat.

Kedua kapal ini menjadi bukti bahwa industri pertahanan dalam negeri semakin dapat diandalkan. Sebelumnya, Indonesia sudah mampu memproduksi kapal selamnya sendiri. Bahkan, menjadi satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang mampu membangun kapal selam.

Kualitas alutsista Indonesia memang perlu dibenahi, maka dari itu dengan bertambahnya alutsista baru ini diharapkan bisa memperkuat ketahanan Militer Indonesia



Videografis Terkait