Lihat Semua : videografis

Ekonomi Bertahap Pulih


Dipublikasikan pada 2 months ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Alfin Adrian /   View : 360

indonesiabaik.id - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan perekonomian Indonesia pada triwulan II-2021 sudah melewati level sebelum pandemi COVID-19.

Pemulihan Tinggi Tak Menjamin

Menkeu Sri Mulyani mengatakan tak ada jaminan ekonomi suatu negara akan pulih (rebound) setelah mengalami kontraksi. Adapun pemulihan ekonomi di setiap negara tentunya berbeda-beda, sesuai dengan penanganan pandemi di negara masing-masing.

Meski tumbuh sangat tinggi, kata Sri Mulyani, perekonomian empat negara tetangga Indonesia, yakni Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand belum berhasil kembali ke level sebelum COVID-19. Maka dari itu Sri Mulyani menilai, hal tersebut menunjukkan pemulihan yang tinggi belum tentu menjadikan perekonomian suatu negara kembali ke level sebelum pandemi.

Indonesia Perlu Bersyukur

Menurut Sri Mulyani, penurunan ekonomi Indonesia karena COVID-19 relatif ringan untuk keseluruhan tahun 2020, meski pada triwulan II-2020 terkontraksi hingga 5,3 persen. Perekonomian domestik bisa bertahap pulih dan di triwulan II 2021 berhasil melesat hingga 7,07 persen.

Dalam hal ini, Indonesia perlu bersyukur karena tidak termasuk di antara negara-negara tersebut. Di kuartal II-2021, pertumbuhan ekonomi RI sudah melebihi kondisi pra COVID-19 pada tahun 2019. Bersama Indonesia, ada Amerika Serikat (AS) yang pertumbuhan ekonominya juga sudah melewati fase krisis. Pasalnya, keluarnya ekonomi Indonesia dari resesi di kuartal II-2021 tak lain ditopang oleh langkah bersama sekaligus kinerja APBN sebagai countercyclical.



Videografis Terkait