Lihat Semua : videografis

Ekspor Petani ke 61 Negara


Dipublikasikan pada 3 months ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Alfin Adrian /   View : 246

indonesiabaik.id - Pertanian menjadi sektor yang paling tangguh bertahan di tengah pandemi COVID-19.

Ekspor Pertanian Terus Tumbuh

Sektor pertanian memiliki potensi besar dalam mendukung pertumbuhan nasional berkat capaian ekspor yang terus meningkat. Hal itu terealisasi lewat capaian ekspor pertanian pada kuartal I-2021 yang terus bertumbuh. Nilai ekspornya mencapai Rp 282,86 triliun atau naik 14,05 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2020 dengan nilai capaian Rp 202,05 triliun.

Peningkatan ekspor pertanian tersebut pun berdampak besar terhadap kesejahteraan dan peningkatan angka Nilai Tukar Petani (NTP) nasional yang terus meningkat.

Menurut Presiden, investasi dan ekspor merupakan faktor kunci dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional. Sehubungan dengan hal tersebut, kementerian pertanian terus berupaya mendorong ekspor produk pertanian ke berbagai negara.

Merdeka Ekspor

Program Merdeka Ekspor, merupakan implementasi dari berbagai program Kementan yang ada untuk mencapai investasi dan ekspor. Salah satunya program Gerakan Tiga Kali Ekspor (Gratieks). Harapannya, program tersebut akan dapat menggerakkan pemerintah dan masyarakat untuk mempercepat kegiatan ekspor produk pertanian.

Adapun produk ekspor yang dilepas dalam program Merdeka Ekspor di antaranya komoditas perkebunan sebesar 564.550 ton, tanaman pangan 4.277 ton, hortikultura 7.230 ton, dan peternakan 4.013 ton. Dengan total produk ekspor sebanyak 627.399 ton, diperkirakan capaian ekspor tersebut akan menyumbang devisa negara hingga Rp 7,29 triliun.

Nilai ekspor itu dihasilkan selama 7 hari dari 17 bandara dan pelabuhan utama yang meliputi Pelabuhan Laut Tanjung Priok, Bandar Udara Soekarno Hatta, Pelabuhan Laut Tanjung Perak, Pelabuhan Laut Tanjung Mas, dan Pelabuhan Laut Belawan. Lalu ada Pelabuhan Laut Makassar New Port, Pelabuhan Laut Jetty Balikpapan, Pelabuhan Laut Dumai, Pelabuhan Laut Panjang, Pelabuhan Sungai Boom Baru, Bandar Udara Hang Nadim, Pelabuhan Laut Trikora, Pelabuhan Laut Talang Duku, Pelabuhan Laut Dwikora, dan Pelabuhan Laut Bitung.



Videografis Terkait