Lihat Semua : videografis

El Nino Jadi Penyebab Kasus Kebakaran di Jakarta?


Dipublikasikan pada 5 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Putri Isnur / Desain : Irfan Nur Rahman /   View : 645

Indonesiabaik.id - Berdasarkan data Dinas Penanggulangan kebakaran dan penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta, selama periode Januari-Juli 2023 ada sekitar 1.034 kejadian kebakaran. Kemudian pada periode 1-15 Agustus 2023 telah terjadi 88 kejadian kebakaran.

Pada tahun 2023 ini, ada beberapa dugaan penyebab terjadinya kebakaran. Yaitu faktor listrik (42 kejadian), membakar sampah (19 kejadian), gas (7 kejadian), rokok (4 kejadian), dan lainnya (15 kejadian). Berdasarkan data tersebut, listrik menjadi faktor terbesar penyebab terjadinya kebakaran di DKI Jakarta.

Fenomena El Nino yang terjadi di Indonesia menyebabkan peningkatan suhu ekstrim sehingga terjadi kekeringan dan musim kemarau yang ekstrim. Karena kita sedang di musim kemarau, jadi berpengaruh dengan pola hidup penggunaan listrik yang berlebih.

Peningkatan penggunaan listrik yang kurang bijaksana bakal menyebabkan elektronik, kabel listrik, dan instalasi listrik jadi lebih rentan gangguan atau korsleting sehingga menyebabkan kebakaran.

 

Yuk, lebih bijak lagi dalam menggunakan listrik di situasi kemarau ini. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.



Videografis Terkait