Lihat Semua : videografis

Indonesia Favorit Investor


Dipublikasikan pada 6 months ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, M. Ishaq Dwi Putra /   View : 478

Indonesiabaik.id - Indonesia jadi tujuan investasi favorit dan peringkat 4 paling disukai se-Asia Tenggara oleh perusahaan Amerika Serikat (AS) dan Eropa.

Negara Investasi Favorit

Data Survei Borderless Business Studies yang dilakukan oleh Standard Chartered memaparkan bahwa perusahaan AS dan Eropa menempatkan Indonesia di peringkat ke 4 se-Asia Tenggara sebagai negara yang paling disukai dalam hal peluang membangun atau memperluas sumber daya, penjualan, atau operasi perusahaan selama enam hingga dua belas bulan ke depan.

Dalam Studi itu juga diungkapkan bahwa sebesar 42 persen dari perusahaan AS dan Eropa melihat potensi pertumbuhan terbesar berada di pasar luar negeri.

Indonesia Perlu Berbenah

Pemerintah mengapresiasi respon investor asing dan optimisme kemudahan investasi di Indonesia berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh Standard Chartered. Selain terus optimis, perbaikan regulasi juga perlu dilakukan.

Mengingat, Survei itu juga mengungkapkan bahwa sebanyak 35 persen korporasi secara menyeluruh dan 43 persen korporasi di AS mengindikasikan soal persyaratan regulasi masih menjadi perhatian nomor satu di antara responden yang ingin berekspansi ke Indonesia.

Kemudahan Perizinan Berusaha

Pemerintah optimis akan terus mendorong kemudahan berinvestasi di Indonesia melalui perbaikan sistem kemudahan berusaha. Sejumlah inisiatif untuk mendorong kemudahan berusaha telah tertuang dalam Undang-Undang No 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

“Implementasi UU Cipta Kerja dalam kemudahan berusaha akan terus didorong, pemerintah akan terus meningkatkan teknologi Online Single Submission (OSS) dan digitalisasi yang tujuannya untuk semakin memberi kemudahan bagi para pelaku usaha,” tegas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.



Videografis Terkait