Lihat Semua : videografis

Indonesia Gencarkan Tilang Elektronik Mobile


Dipublikasikan pada 26 days ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Alfin Adrian /   View : 227

indonesiabaik.id - Korlantas Polri tengah menggencarkan program tilang elektronik berbasis kamera handphone yaitu ETLE Mobile.

Kegunaan ETLE Mobile

Pelanggar lalu lintas di area yang tak terdapat kamera ETLE statis kini juga dapat ditilang. 

Nantinya, polisi yang berpatroli akan memotret pelanggar lalu lintas menggunakan 'handphone' yang terhubung dengan aplikasi Mobile Sigap dan Go-Sigap. 

Kemudian petugas di lapangan mengambil gambar/memfoto pelanggaran, secara otomatis foto atau gambar tersebut langsung terkirim ke back office atau admin yang berada di kantor Ditlantas. 

Adanya mekanisme tilang elektronik berbasis mobile ini, polisi dan pelanggar tak perlu bertemu langsung untuk menyelesaikan tilangnya alias semua dapat diselesaikan secara online.

Jenis Pelanggaran yang Ditilang

Jenis-jenis pelanggaran lalu lintas yang dapat difoto menggunakan ETLE Mobile, melalui aplikasi Go-Sigap ini yaitu antara lain pelanggaran yang kasat mata, seperti tidak menggunakan helm, kemudian tidak menggunakan spion, nomor polisi atau TNKB tidak sesuai aturan, dan lainnya.

Cara Penyelesaian Tilang ETLE Mobile

Saat surat konfirmasi tiba di rumah pelanggar, selanjutnya pelanggar bisa mendapatkan pelayanan secara online. Pelayanan itu bisa diakses melalui nomor handphone call center yang sudah berada di surat konfirmasi tersebut. 

Kemudian pelanggar dapat melaksanakan tanya-jawab, dan juga dapat menyelesaikan tilang tersebut tanpa perlu harus datang ke kantor polisi, namun cukup meminta untuk layanan penyelesaian tilang secara online.

Jika pelanggar sudah mendapatkan nomor BRIVA untuk melakukan pembayaran tilang, selanjutnya dapat mengirim kembali bukti pembayaran tilangnya ke call center kepolisian terkait. Setelah itu, proses tilang baru dianggap selesai.



Videografis Terkait