Lihat Semua : videografis

Indonesia Punya Ribuan Desa Wisata


Dipublikasikan pada 2 months ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Ananda Syaifullah /   View : 358

indonesiabaik.id - Kemajuan pariwisata Indonesia terus dikembangkan, salah satunya menjadikan desa wisata maju, mandiri, tersertifikasi dan berkelanjutan.

Desa Wisata

Sesuai RPJMN 2020-2024, Kemenparekraf menargetkan sebanyak 244 desa wisata dan 71.381 desa digital, tersertifikasi sebagai desa wisata mandiri pada 2024.

Jika ditambahkan, total tempat wisata berupa desa wisata di Indonesia semakin bertambah ribuan. Berdasarkan Statistik Potensi Desa 2018, Kemendesa PDTTIndonesia memiliki jumlah total 7.275 desa wisata yang tersebar di seluruh provinsi. Adapun Jawa Timur kemudian Jawa Tengah menjadi provinsi dengan desa wisata terbanyak melebihi 1000 tempat.

Peran Desa Wisata

Desa wisata punya peranan penting untuk banyak aspek, salah satunya memacu potensi tumbuhnya ekonomi kreatif di lingkungan setempat, serta membuka lapangan kerja bagi warga yang dekat dengan lokasi wisata.

Penunjang Desa Wisata

Desa wisata menyuguhkan wisatawan alam terbuka, tradisi, hingga interaksi lingkungan dengan produk pariwisatanya yang beragam, dari gunung, danau, sungai, pantai, hingga laut. Atau potensi budaya seperti adat-istiadat, museum, benteng, hingga situs peninggalan sejarah.

Selain itu, salah satu aspek penunjang yang harus dimiliki desa wisata yaitu Homestay yang berperan penting dalam memberikan pengalaman menarik dan unik bagi wisatawan.



Videografis Terkait