Lihat Semua : videografis

Inilah Provinsi Penghasil Kakao Terbesar di Indonesia


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Nur Halimah Syafira / Desain : Nur Halimah Syafira /   View : 9.706

Indonesiabaik.id - Pada bulan Februari, beberapa orang memperingati sebagai Hari Kasih Sayang atau Valentine. Dan pada Valentine biasanya identik dengan cokelat yang diberikan sebagai kado untuk orang tersayang.

Indonesia Produsen Kakao Terbesar Ketiga di Dunia

Menurut Worldatlas, tahun 2022 Indonesia jadi produsen kakao terbesar dunia di urutan ketiga dengan total produksi 739.483 ton. Setelah Pantai Gading di urutan pertama sebesar 2,2 juta ton dan Ghana sebesar 800 ribu ton.

Menurut data Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian dalam laporan statistik perkebunan unggulan nasional 2020-2022, dalam 5 tahun terakhir produksi kakao ada di atas 700 ribu ton per tahun. Pulau sulawesi dan Sumatera menjadi penghasil kakao terbanyak. Hampir 80% dihasilkan di kedua pulau tersebut.

Kakao Komoditas Ekspor Unggulan Indonesia

Kakao jadi salah satu komoditas ekspor unggulan indonesia. Menariknya, bahan baku pembuat cokelat asal indonesia ini bahkan sangat diminati oleh sejumlah negara maju. Data BPS tahun 2017-2021 menunjukkan, ekspor kakao masih dominan di wilayah Asia dan Amerika. Kakao indonesia yang diekspor ini digunakan sebagai bahan baku produk makanan dan minuman berbasis cokelat seperti permen cokelat, biskuit, wafer, roti, dan es krim.

Capaian Ekspor Kakao

Dilihat dari data Kementerian Perindustrian, capaian nilai ekspor produk kakao olahan nasional pada tahun 2020 sebesar USD1,12 miliar atau naik dibanding tahun sebelumnya yang mencapai USD1,01 miliar. Semoga tidak berhenti sampai di sini. Berharap kita segera naik kelas dan ikut jadi produsen cokelat terbesar di dunia juga.



Videografis Terkait