Lihat Semua : videografis

Jangan Panik, Lakukan Ini Saat Kebakaran


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Nur Halimah Syafira / Desain : Nur Halimah Syafira /   View : 1.174

Indonesiabaik.id - Baru-baru ini terjadi kebakaran hebat di Depo Pertamina di Kawasan Plumpang, Jakarta Utara pada 3 Maret 2023. Dari data yang tercatat di Posko Koramil 01 Koja, jumlah korban meninggal dari kebakaran ini ada 19 orang.

Wah bahaya juga ya kalau terjadi kebakaran begini. Tapi, Sebenarnya Apa Aja Sih yang Bisa Menyebabkan Kebakaran? Penyebab kebakaran bisa berasal dari Terbatasnya pengetahuan tentang kebakaran, Kelalaian manusia seperti instalasi listrik gak standar, lupa matikan kompor, dan buang puntung rokok sembarangan, Kesengajaan seperti membakar sampah sembarangan atau pembakaran hutan untuk ngebuka lahan, Hingga yang disebabkan oleh Alam, seperti sambaran petir dan gunung api meletus. Beberapa penyebab ini sesuai dari keterangan di laman Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Namun, ada juga hal yang patut diwaspadai alih-alih si Jago Merah datang, yakni, jangan panik. Sesuai keterangan laman pusat krisis kesehatan Kementerian Kesehatan, kita bisa melakukan langkah-langkah mulai dari, Jangan panik. jika tidak segera menemukan jalan keluar yang aman, Lakukan evakuasi/selamatkan semua anggota keluarga yang ada. Jika jalan keluar harus melewati api, tutup kepala dan badan dengan kain atau selimut basah.

Balut tangan saat memegang pintu atau keluar lewat jendela. Jika ada asap, merangkaklah karena udara bersih ada di bawah dan gunakanlah penutup hidung. Jika baju terkena api, rebahkan tubuh ke tanah dan berguling untuk mematikan api. Setelah keluar rumah, segera minta bantuan atau telepon petugas pemadam kebakaran.



Videografis Terkait