Lihat Semua : videografis

Kampus Merdeka: Bebaskan Kampus dari Berbagai Sekat


Dipublikasikan pada one month ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Alfin Adrian /   View : 181

indonesiabaik.id - Presiden Joko Widodo mengungkapkan sudah bukan lagi masanya jika mahasiswa hanya belajar di dalam kelas saja. Mahasiswa harus diberi kesempatan untuk belajar kepada siapa saja dan di mana saja.

Belajar Dari Mana Saja

Presiden Jokowi berpendapat bahwa mahasiswa harus diberi kesempatan untuk belajar kepada siapa saja, bukan hanya kepada dosen. Belajar di mana saja bukan hanya di kampus tapi bisa di masyarakat di industri dan di tempat-tempat lain.

Selain itu, bahan ajar bagi mahasiswa bukan hanya di buku tetapi praktek di lapangan. Begitu juga terkait karya mahasiswa yang jangan hanya dinilai dari karya akademik belaka.

Tak hanya itu, menurutnya, karya mahasiswa bisa berupa teknologi yang solutif bagi masyarakat dan juga karya wirausaha yang memecahkan masalah-masalah sosial.

Hilangkan Sekat

Senada dengan Presiden Jokowi, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makariem mengungkapkan Kampus Merdeka dibuat untuk bebaskan sekat-sekat antara universitas dan industri.

Untuk mencapai perubahan itu, Kemendikbudristek telah merancang 8 Indikator Kinerja Utama (IKU) dengan memberikan insentif keuangan kepada PTN-PTN untuk memaksimalkan jumlah mahasiswa yang akan keluar dari kampus. Mendapat pembelajaran di universitas lain, projek sosial, kewirausahaan, magang di luar negeri, dan program-program lainnya.



Videografis Terkait