Lihat Semua : videografis

Kapal Selam Alugoro-405, Alutsista Terbaru TNI AL


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 975

indonesiabaik.id - Indonesia meresmikan kapal selam pertama buatan industri pertahanan dalam negeri yang diberi nama Kapal Selam Alugoro-405.

Hasil Buatan Industri Negeri

Kapal selam pertama buatan industri pertahanan dalam negeri itu merupakan hasil buatan PT PAL Indonesia yang bekerjasama dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) Korea Selatan.

Kini telah diserahterimakan oleh DSME kepada Kemhan, untuk selanjutnya diserahkan kepada Mabes TNI dan berturut turut diserahkan kepada Mabes TNI AL dan Pangkoarmada II selaku pengguna.

Untuk Menjaga Kedaulatan

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menegaskan, kapal selam itu bukan untuk gagah-gagahan atau ingin mengancam siapapun.

Menurutnya, Indonesia harus memiliki kekuatan yang cukup untuk menjaga kedaulatan, tumpah darah, kesatuan dan keutuhan wilayah. Sementara, alat pertahanan banyak yang sudah sangat tua dan sudah saatnya diremajakan. Untuk itu, peran dari industri pertahanan negeri wajib diikutsertakan.

Kapal Selam Alugoro-405

Kapal Selam ini yang menjadi salah satu program pembangunan kekuatan pertahanan khususnya Matra Laut ini diharapkan mampu memperkuat Alutsista TNI khususnya di jajaran TNI AL. Juga mampu meningkatkan deterrent effect bagi pertahanan negara Indonesia yang menjadikan Indonesia satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang mampu membangun kapal selam.

Kata "Alugoro" diambil dari nama senjata Prabu Baladewa berbentuk Gada dengan kekuatan pemusnah sangat dahsyat. Memiliki panjang 61,3 meter dengan kecepatan ± 21 knot di bawah permukaan air serta mampu berlayar lebih dari 50 hari dan dapat menampung lebih dari 40 kru kapal.



Videografis Terkait