Lihat Semua : videografis

Keunggulan Sirkuit Mandalika dari Negera Lain


Dipublikasikan pada 3 months ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Alfin Adrian /   View : 1.171

indonesiabaik.id - Proses pengaspalan Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB sudah selesai 100 persen, Selasa (17 Agustus 2021).

Update Terkini

Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengabarkan, Proses penyelesaian pengaspalan itu disebut sebagai persembahan MGPA untuk Indonesia yang akan berulang tahun ke-76 pada Selasa (17/8).

Tahap pengaspalan trek dengan panjang 4,310 km tersebut sudah selesai dan tersambung. Kondisi permukaan sirkuit dengan 17 tikungan itu sudah dilapis aspal mulus dan siap untuk segera digunakan sesuai target akhir 2021. Proses selanjutnya yaitu pengerjaan service road dan run off. Kemudian race control dan medical center akan dikebut selesai sebelum November 2021.

Kelebihan Sirkuit Mandalika

Direktur Konstruksi dan Pengembangan MGPA, Dwianto Eko Winaryo mengklaim, aspal yang digunakan untuk lintasan Sirkuit Internasional Mandalika menggunakan aspal terbaru Stone Mastic Asphalt (SMA) dan disebut merupakan yang terbaik di dunia bahkan mengalahkan Sirkuit Sepang, Malaysia.

Ada sejumlah keunggulan memakai aspal Stone Mastic Asphalt ini. Salah satunya pebalap tidak mudah tergelincir saat kondisi hujan. Hal ini akan mengurangi risiko pengendara terjatuh saat melintas di trek basah.

Tak hanya itu, Mandalika memiliki unique selling point, tempatnya yang berada di kawasan ekonomi khusus memiliki pemandangan pantai yang indah. Dengan di kelilingi panorama perbukitan dan laut di pesisir selatan Pulau Lombok, Mandalika International Street Circuit nantinya akan menjadi satu-satunya sirkuit jalan raya yang menjadi bagian kalender MotoGP.

Area paddock sirkuit akan sanggup menaungi 40 garasi, sedangkan kapasitas tribun utama mencapai lebih dari 50.000 tempat duduk. Sementara area tanpa tempat duduk atau tribun berdiri didesain untuk menampung kurang lebih 138.000 orang dan hospitality suites direncanakan memiliki kapasitas 7.700 penonton.

Direktur PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M Mansoer mengatakan, pengerjaan lintasan utama "main track" Jalan Kawasan Khusus (JKK) yang menjadi lintasan sirkuit internasional Mandalika sepanjang 4,31 kilometer di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat merupakan yang tercepat di dunia. Di mana pengerjaan sirkuit ini dimulai 15 Juni 2020 dan tuntas 15 Agustus 2021 atau satu tahun satu bulan.



Videografis Terkait