Lihat Semua : videografis

Lima Tokoh Dapat Gelar Pahlawan Nasional


Dipublikasikan pada 25 days ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Alfin Ardian /   View : 224

indonesiabaik.id - Tahun 2022, Pemerintah menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada 5 tokoh yang berjasa terhadap Tanah Air.

Anugerah Pahlawan Nasional

Menuju peringatan Hari Pahlawan 10 November mendatang, Presiden Joko Widodo menerima Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Kamis, 3 November 2022 dengan didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Pemerintah akan menganugerahkan gelar pahlawan nasional pada tahun ini kepada lima tokoh yang dipilih berdasarkan usulan masyarakat dan telah melalui sejumlah proses seleksi.

Mereka, para pahlawan merupakan tokoh yang berjasa dalam perjuangan mendirikan negara Republik Indonesia melalui perjuangan kemerdekaan dan pembangunan.

Pasalnya, pemberian gelar pahlawan itu didasarkan atas usulan masyarakat dan telah melalui sejumlah proses seleksi.

5 Tokoh Penerima Gelar Pahlawan Nasional

Pertama, pemerintah menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada almarhum DR. dr. H. R. Soeharto dari Jawa Tengah yang dinilai telah berjuang bersama Presiden Soekarno dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Kedua, pemerintah menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada almarhum KGPAA Paku Alam VIII yang merupakan Raja Paku Alam dari tahun 1937-1989.

Sementara itu, yang ketiga, pemerintah menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada almarhum dr. Raden Rubini Natawisastra, dari Kalimantan Barat.

Keempat, pemerintah menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada almarhum H. Salahuddin bin Talibuddin dari Maluku Utara. Dan yang kelima, pemerintah menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada almarhum K.H. Ahmad Sanusi dari Jawa Barat.



Videografis Terkait