Lihat Semua : videografis

LRT Jabodebek Tanpa Masinis, Kok Bisa?


Dipublikasikan pada 7 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Putri Isnur / Desain : Putri Isnur /   View : 1.814

Menurut Edi Nursalam (Direktur Keselamatan Perkeretaapian Kemenhub), Keberadaan LRT diharapkan jadi salah satu pilihan masyarakat, sehingga nantinya dapat mengurangi macet di jalan tol dan ruas jalan di Jabodebek.

Dengan beroperasi pakai Sistem Communication-Based Train Control, yaitu sistem pengoperasian kereta berbasis komunikasi. Jadi bisa mengoperasi kereta dan proyeksi jadwal secara otomatis dari pusat kendali. Dan dari sistem inilah LRT jadi bisa beroperasi tanpa masinis.

Menurut Kuswardojo, selaku Manager PR LRT Jabodebek, operasional tanpa masinis ini lebih aman dibandingkan menggunakan orang. Menurutnya, lebih dari 60 persen kasus kecelakaan terjadi karena human error seperti kelelahan dan sebagainya. LRT Jabodebek ini juga udah dipasang sistem keamanan berlapis dan bakal tetap ada train attendant yang melayani.

Transportasi LRT ini bisa mengangkut sekitar 700-1.300an penumpang dengan menggunakan 6 gerbong. Tapi, selama uji coba dengan tarif 1 rupiah, penumpang dibatasi cuma 150 orang aja ya!



Videografis Terkait