Lihat Semua : videografis

Manufaktur Indonesia Kian Menggeliat


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Alfin Adrian /   View : 293

indonesiabaik.id - Manufaktur di Tanah Air semakin kencang, menandakan produktivitas yang kian bergeliat untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik dan ekspor.

Sektor Industri Ekspansif

Menurut rilis Kementerian Perindustrian, kabar baik datang dari sektor industri kembali ditunjukkan melalui catatan Purchasing Managers’ Index (PMI).

Manufaktur Indonesia mampu menembus level 54,6 pada bulan April, sesuai yang dirilis oleh IHS Markit. Menurut catatan, capaian tersebut naik signifikan dibanding bulan Maret yang berada di posisi 53,2. Apabila PMI di atas angka 50, mencerminkan sektor industri sedang ekspansif.

Perekonomian Membaik

Menurut Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, PMI manufaktur Indonesia berada di tingkat ekspansif merupakan salah satu indikator perekonomian yang semakin membaik, serta kepercayaan dunia usaha dan industri terhadap kebijakan pemerintah yang dinilai sudah on the track. Sepanjang dua bulan berturut-turut, PMI manufaktur Indonesia menorehkan rekor tertinggi.

Merujuk data IHS Markit, manufaktur Indonesia di bulan keempat, output, permintaan baru, dan pembelian semua naik pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya selama periode survey sepuluh tahun, sementara permintaan ekspor baru kembali tumbuh setelah 16 bulan periode penurunan. Manufaktur Indonesia dinilai akan membawa multiplier effect yang luas bagi perekonomian, mulai dari penyerapan tenaga kerja hingga penerimaan devisa.

Terus semangat bangkit!



Videografis Terkait