Lihat Semua : videografis

Masjid Istiqlal akan Jadi Wisata Halal


Dipublikasikan pada one month ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Alfin Adrian /   View : 190

indonesiabaik.id - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) mengembangkan wisata halal di Masjid Istiqlal.

Wisata Religi

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Imam Besar Masjid Istiqlal K H Nasaruddin Umar menandatangani nota kesepahaman (MoU) di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat pada Rabu (5/5/2021).

Tak hanya sebagai tempat ibadah, masjid yang dibangun selama 17 tahun dari tahun 1961 itu dinilai berpotensi sebagai destinasi wisata religi yang menarik bagi wisatawan lokal dan mancanegara.

Sandiaga menginginkan empat pilar Kemenparekraf dapat diwujudkan melalui kerja sama tersebut, yaitu destinasi, kelembagaan dan industri, pemasaran, dan ekonomi kreatif.

Kegiatan Wisata

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar pun menyatakan kesiapannya untuk membuat program guna mendukung sektor parekraf Indonesia.

"Kita juga nantinya akan mengadakan festival seperti festival musik spiritual. Misalnya grup-grup selawatan dari Turki. Dan tidak hanya Islam tapi juga akan menampilkan grup spiritual dari negara-negara lain," jelasnya.

Adapun kegiatan yang bisa dikerjasamakan antara BPMI dan Kemenparekraf, di antaranya kolaborasi ekosistem halal program untuk ekonomi kreatif. Nantinya wisatawan dapat menikmati wisata kuliner dan wisata berbelanja produk lokal halal di pelataran Masjid Istiqlal dengan rasa aman dan nyaman.

Dijelaskan lebih lanjut, Masjid Istiqlal kini sudah selesai tahap renovasi, di mana Masjid Istiqlal juga bisa menjadi jendela bagi turis yang ingin mengenal Indonesia. Karena dari segi arsitektur dan sejarah pembangunan, Masjid Istiqlal sangat mencerminkan Indonesia.



Videografis Terkait