Lihat Semua : videografis

Mengenal Booster Vaksin


Dipublikasikan pada 5 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 509

indonesiabaik.id - Pemerintah tengah memulai program vaksinasi booster sejak 12 Januari 2022 lalu.

Kegunaan Booster Vaksin
Program ini merupakan upaya lanjutan dari vaksinasi dosis penuh. Pemerintah akan memberikan vaksin ketiga atau booster vaksin untuk masyarakat umum dengan beberapa skema yang akan diberikan. Menurut Satuan Tugas Penanganan COVID-19, dari sisi kesehatan, setidaknya terdapat 3 alasan penting mengapa kita perlu mendapat booster vaksin.
Pertama, adanya kecenderungan penurunan jumlah antibodi sejak 6 bulan pasca vaksinasi terutama di tengah kemunculan varian-varian covid-19 baru termasuk varian Omicron. 
Kedua, sebagai bentuk usaha adaptasi masyarakat hidup dimasa pandemi COVID-19 demi kesehatan jangka panjang. Dan ketiga, memenuhi hak setiap orang Indonesia utk mengakses vaksin demi perlindungan diri dan komunitas.
Sementara dari sisi ekonomi, dengan kondisi kasus yang dapat ditekan dapat mencegah kemunculan gelombang baru. Sehingga aktivitas masyarakat akan semakin felskibel dengan catatan tetap berada dalam koridor penerapan protokol kesehatan ketat.

Syarat Penerima Booster Vaksin
Vaksin booster diberikan secara gratis untuk seluruh masyarakat Indonesia serta diperuntukkan bagi yang;

  • Telah berusia 18 tahun ke atas

  • Telah menerima vaksin dosis kedua dalam jangka waktu minimal 6 bulan

  • Kelompok prioritas vaksin booster adalah orang lanjut usia (lansia) dan penderita immunokompromais.



Videografis Terkait