Lihat Semua : videografis

Mengenal Sejarah Lagu Garuda Pancasila


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Putri Isnur / Desain : Putri Isnur /   View : 17.405

"Garuda Pancasila... Akulah Pendukungmu.... Patriot Proklamasi sedia berkorban untukmu...."

Tahu lagu ini kan, SohIB? Apa judulnya coba? Betul, judulnya Garuda Pancasila!

Tapi... kamu tahu ngga siapa penciptanya? Dia adalah Prohar Sudharnoto, salah satu komponis kebanggaan Indonesia. Sebelum menjadi komponis terkenal, beliau dulunya seorang penyiar program musik di RRI, yang kemudian diangkat menjadi kepala seksi musik RRI Jakarta di tahun 1952.

Lagu Garuda Pancasila ini jadi karya terbesar Prohar Sudharnoto, dan menjadi lagu nasional yang sangat populer di setiap generasi. Lagu ini diciptakan pada tahun 1956. Waktu itu diberi judul Mars Pancasila, sebelum akhirnya diganti menjadi Garuda Pancasila, karena sesuai dengan lambang Pancasila yakni burung Garuda.

Lagu ini dibuat sebagai gambaran pancasila dalam bentuk seni lagu, yang dibuat untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan semangat persatuan. Lagu ini juga membawa pesat, bahwa pancasila adalah simbol, ideologi, dan dasar kehidupan yang harus dijalani agar terciptanya negara yang adil, makmur dan sentosa.



Videografis Terkait