Lihat Semua : videografis

Negara Paling Dermawan di Dunia


Dipublikasikan pada 3 months ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Alfin Adrian /   View : 631

indonesiabaik.id - Menurut Charities Aid Foundation (CAF) World Giving Index 2021, Indonesia dinobatkan sebagai negara paling dermawan di dunia.

Peringkat Pertama

Laporan World Giving Index (WGI) yang dirilis oleh CAF, memaparkan peringkat Indonesia di peringkat pertama dalam daftar negara dermawan dengan skor indeks keseluruhan 69%. Artinya, naik dari 59% pada indeks tahunan terakhir yang dikeluarkan tahun 2018.

Dalam hal ini, Indonesia menempati peringkat teratas dalam partisipasi memberikan sumbangan uang dengan persentase orang yang menyumbangkan uang sampai 83% dan menempati posisi tertinggi dalam partisipasi pada kegiatan kesukarelawanan (60%)

Direktur Filantropi Indonesia Hamid Abidin menyampaikan, bahwa pandemi dan krisis ekonomi tidak menghalangi masyarakat Indonesia untuk berbagi.Menurutnya, andemi dan krisis justru meningkatkan semangat masyarakat untuk membantu sesama. Adapun laporan tersebut menyebutkan, lebih dari 8 orang dari 10 orang Indonesia menyumbangkan uangnya dan tingkat sukarelawan negara lebih banyak dari tiga kali rata-rata global.

Zakat jadi Faktor Pendukung Terbesar

Keberhasilan Indonesia untuk mempertahankan posisinya sebagai bangsa yang pemurah didukung oleh beberapa faktor. Salah satunya kuatnya pengaruh ajaran agama dan tradisi lokal yang berkaitan dengan kegiatan berderma dan menolong sesama di Indonesia. Temuan WIG menunjukkan bahwa donasi berbasis keagamaan (khususnya zakat, infak, dan sedekah) menjadi penggerak utama kegiatan filantropi di Indonesia di masa pandemi.

Faktor terbesar yang mendorong masyarakat Indonesia menyumbangkan uangnya karena didorong kewajiban berzakat. Dalam laporan tersebut menunjukkan bahwa pembayaran zakat secara global sangat tinggi pada 2020. Faktor lain yang dinilai mempengaruhi tingkat itu yaitu kondisi ekonomi Indonesia yang relatif lebih baik dibandingkan negara-negara lain.



Videografis Terkait