Lihat Semua : videografis

Otomotif Indonesia Serap Banyak Tenaga Kerja


Dipublikasikan pada 3 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Alfin Adrian /   View : 370

indonesiabaik.id - Industri otomotif menjadi salah satu penopang utama pertumbuhan ekonomi nasional sekaligus menyerap banyak tenaga kerja.

 

Bagaimana peran sektor otomotif?

Industri otomotif masih mampu menunjukkan geliatnya meski di kala pandemi sekalipin. Hal itu terlihat dari laju produktivitas industri yang tetap terjaga dalam memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri dan ekspor.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, sektor industri otomotif tumbuh luar biasa pada tahun 2021 mencapai pertumbuhan dua digit yaitu 17,82 persen.

Tak hanya itu, saat ini industri otomotif nasional digawangi oleh 21 perusahaan  dengan kapasitas produksi mencapai 2,35 juta unit per tahun.

Pangsa pasar ekspor produk otomotif Indonesia pun telah menembus lebih dari 80 negara. Bahkan, selain Australia dan Asia, juga telah menembus pasar ekspor otomotif di benua Amerika dan Afrika.

Pantas saja, untuk memenuhi kebutuhan ekspor itu diperlukan penyerapan tenaga kerja yang cukup banyak mencapai 1,5 juta tenaga kerja baik langsung maupun tidak langsung di sepanjang mata rantai nilai industri.

Menperin Agus juga menyampaikan, pihaknya bertekad untuk memacu sektor industri untuk meningkatkan investasi, nilai tambah, dan juga perluasan ekspor termasuk membuka pasar-pasar ekspor baru.



Videografis Terkait