Lihat Semua : videografis

Panitia Calon Tuan Rumah Olimpiade 2032 Dibentuk


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Alfin Ardian /   View : 1.194

indonesiabaik.id - Presiden Jokowi membentuk panitia pencalonan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade Tahun 2032.

Bentuk Panitia Pencalonan INABCOG

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 9 Tahun 2021 tentang Panitia Pencalonan Indonesia Sebagai Tuan Rumah Olimpiade Tahun 2032. Keppres ini ditetapkan di Jakarta pada tanggal 13 April 2021.

Panitia itu bernama Indonesia Bid Commitee Olympic Games 2032 atau INABCOG. Adapun kedudukan panitia INABCOG berada di bawah dan bertanggungiawab kepada Presiden dan berada di ibu kota negara RI.

Tugas Panitia INABGOC

Terkait tugas-tugas yang dilakukan oleh panitia ini meliputi persiapan pencalonan (bidding); menyusun peta jalan strategi dan/atau rencana induk persiapan pencalonan; serta melakukan promosi, kampanye publik (public campaign), dan sosialisasi pencalonan Indonesia sebagai Tuan Rumah Olimpiade Tahun 2032.

Struktur Kepanitiaan INABGOC

Adapun panitia terdiri atas pengarah, penanggung jawab, dan pelaksana. Pengarah diketuai oleh Wakil Presiden RI yang dibantu oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) sebagai wakil ketua serta sejumlah anggota, termasuk Sekretaris Kabinet.

Kemudian penanggungjawab Panitia INABCOG yaitu Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), yang memiliki tugas mengoordinasikan perencanaan, persiapan, dan pelaksanaan pencalonan serta menugaskan, mengawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan pencalonan.

Sedangkan, pelaksana diketuai oleh Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) bertugas melakukan koordinasi persiapan pencalonan; menyusun, menetapkan, dan melaksanakan peta jalan strategi dan/atau rencana induk persiapan pencalonan; serta menyusun dan menetapkan proposal pencalonan.

 

Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah

Perjalanan Indonesia dalam pencalonan bisa dinilai dapat tantangan berat. Hal ini disebabkan negara-negara besar pesaing mulai mendekati Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk berupaya meyakinkan kesiapan menghelat pesta olahraga terbesar di dunia.

Negara Brisbane, Australia diantaranya dinilai bakal jadi pesaing terberat Indonesia. Namun, peluang Indonesia masih terbuka lebar. Kepanitiaan tak akan lengah dan terus berdialog dengan IOC. Semoga Indonesia jadi tuan rumah Olimpiade 2032 ya!



Videografis Terkait