Lihat Semua : videografis

Pentingnya Literasi untuk Transformasi Digital


Dipublikasikan pada 2 months ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Alfin Adrian /   View : 111

indonesiabaik.id - Literasi digital memegang peranan penting dalam agenda transformasi digital nasional.

Pentingnya Literasi Digital

Pemerintah beberapa bulan lalu meluncurkan Gerakan Nasional Literasi Digital yang fokus pada tema: budaya bermedia digital, aman bermedia digital, etis bermedia digital dan cakap bermedia digital.

Gerakan literasi digital tersebut diharapkan bisa melatih sekitar 12,4 juta masyarakat setiap tahun. Pada 2024 nanti, ditargetkan ada 50 juta masyarakat yang sudah memiliki kemampuan yang ada di program literasi tersebut.

Pemerintah secara gencar terus mengadakan literasi digital agar masyarakat bisa menggunakan internet untuk hal yang positif. Pemahaman masyarakat mengenai ruang digital dinilai penting. Sebab, ketika teknologi semakin maju, masyarakat sudah siap dan tidak hanya menjadi penonton, namun juga berpartisipasi aktif.

Percepatan Agenda Transformasi Digital

Pembangunan infrastruktur digital pun dinilai tak kalah penting dalam agenda transformasi digital. Maka dari itu, pemerintah mengupayakan percepatan pembangunan infrastruktur agar seluruh wilayah di Indonesia bisa memiliki akses internet.

Survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada 2020 lalu menunjukkan penetrasi internet di Tanah Air baru mencapai 73,7 persen dari populasi, atau sekitar 196,7 juta jiwa.



Videografis Terkait